Studi Literatur Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kallimantan Timur

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda

Studi Literatur Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kallimantan Timur

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor apt.Reksi Sundu,M.Sc.
dc.contributor.author PATRICIA AMANDA KRISTANTI
dc.contributor.editor PATRICIA AMANDA KRISTANTI
dc.contributor.other apt.Siti Jubaidah,S.Far.,M.Pd.
dc.contributor.other apt.Heri Wijaya,M.Si.
dc.date.accessioned 2023-11-06T21:32:51Z
dc.date.available 2023-11-06T21:32:51Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
dc.date.issued 2022-07-06
dc.identifier 19484011023
dc.identifier.uri https://ecampus.stiksam.ac.id/repo/handle/123456789/116
dc.description Kata Kunci : Puskesmas, pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien Referensi :
dc.description.abstract Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas Kalimantan Timur. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi kehidupan pasien. Pelayanan kefarmasian di puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, mempelajari, dan menelaah jurnal penelitian yang sama dan sudah dilakukan. Analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif. Objek pada penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas. Berdasarkan hasil penelitian studi literatur perbandingan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di tiga puskesmas, didapatkan hasil rata-rata kepuasan tertinggi adalah Puskesmas Baqa Samarinda dengan rata-rata 86,27% pada dimensi jaminan, responden merasa sangat puas. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Sempaja Samarinda rata-rata 81,4% responden merasa puas. Ketidakpuasan pasien tertinggi terdapat pada Puskesmas Loa Ipuh sebesar 23,5% responden tidak puas dalam dimensi jaminan.
dc.publisher Farmasi (D3)
dc.subject Puskesmas, pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien
dc.title Studi Literatur Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kallimantan Timur
dc.type Thesis D3


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku