GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor apt.Siti Jubaidah,S.Far.,M.Pd.
dc.contributor.advisor apt.Nurul Fatimah,M.Sc.
dc.contributor.author RICKY RAHMAN
dc.contributor.editor RICKY RAHMAN
dc.contributor.other apt.Hayatus Sa’adah,M.Sc.
dc.contributor.other apt. Husnul Warnida, S.Si, M.Si.
dc.date.accessioned 2023-11-06T21:33:03Z
dc.date.available 2023-11-06T21:33:03Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
dc.date.issued 2021-06-23
dc.identifier 1848401181293
dc.identifier.uri https://ecampus.stiksam.ac.id/akfarsam/f/akfarsam/10178/KTI_RICKY_RAHMAN.pdf
dc.identifier.uri https://ecampus.stiksam.ac.id/repo/handle/123456789/154
dc.description Kata Kunci : kepuasan pasien, rumah sakit, pelayanan kefarmasian. Referensi :
dc.description.abstract Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit. Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna meliputi pelayanan rawat jalan, rawat inap, dan rawat darurat. Salah satu indikator untuk mengevaluasi kualitas pelayanan farmasi adalah dengan mengukur tingkat kepuasan/pelanggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan metode analisis deskriptif yaitu menggunakan data sekunder yang telah ditelaah dari beberapa literatur dan dituangkan dalam bentuk tabel. Adapun tahapan penelitian yaitu : melakukan kompilasi data berupa penyuntingan dan meringkas sehingga didapatkan data utama inti tulisan, penyajian data dituangkan dalam tabel deskriptif, penarikan kesimpulan dan melakukan verifikasi dan tinjauan ulang data yang didapat agar penarikan simpulan dilakukan dengan benar. Hasil penelitian studi literatur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit didapatkan hasil rata-rata kepuasaan tertinggi adalah di RSUP Prof Dr. R. D. Kandou Manado dengan persentase 80,96% dengan kriteria sangat puas, selanjutnya tingkat kepuasan di Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Kota Cirebon dengan persentase 68,66% dengan kriteria puas dan tingkat kepuasan terendah adalah di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon dengan persentase 66,12% dengan kriteria puas. Dalam 5 dimensi yang digunakan, hasil rata-rata tingkat kepuasan tertinggi adalah pada Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon pada dimensi realibility dengan persentase 91,8% dengan kriteria sangat puas dan rata-rata tingkat kepuasan terendah adalah di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon pada dimensi empathy dengan persentase 53,1% dengan kriteria puas.
dc.publisher Farmasi (D3)
dc.subject kepuasan pasien, rumah sakit, pelayanan kefarmasian.
dc.title GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT
dc.type Thesis D3


Files in this item

Files Size Format View Description
1699309983846_KTI RICKY RAHMAN.pdf 592.7Kb PDF View/Open File Tugas Akhir
1699309984201_COVER KTI RICKY RAHMAN-1.jpg 163.5Kb JPEG image View/Open Cover Tugas Akhir GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku