GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT
Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.advisor |
apt.Siti Jubaidah,S.Far.,M.Pd. |
|
dc.contributor.advisor |
apt.Nurul Fatimah,M.Sc. |
|
dc.contributor.author |
RICKY RAHMAN |
|
dc.contributor.editor |
RICKY RAHMAN |
|
dc.contributor.other |
apt.Hayatus Sa’adah,M.Sc. |
|
dc.contributor.other |
apt. Husnul Warnida, S.Si, M.Si. |
|
dc.date.accessioned |
2023-11-06T21:33:03Z |
|
dc.date.available |
2023-11-06T21:33:03Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda |
|
dc.date.issued |
2021-06-23 |
|
dc.identifier |
1848401181293 |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.stiksam.ac.id/akfarsam/f/akfarsam/10178/KTI_RICKY_RAHMAN.pdf |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.stiksam.ac.id/repo/handle/123456789/154 |
|
dc.description |
Kata Kunci :
kepuasan pasien, rumah sakit, pelayanan kefarmasian.
Referensi : |
|
dc.description.abstract |
Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit. Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna meliputi pelayanan rawat jalan, rawat inap, dan rawat darurat. Salah satu indikator untuk mengevaluasi kualitas pelayanan farmasi adalah dengan mengukur tingkat kepuasan/pelanggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan metode analisis deskriptif yaitu menggunakan data sekunder yang telah ditelaah dari beberapa literatur dan dituangkan dalam bentuk tabel. Adapun tahapan penelitian yaitu : melakukan kompilasi data berupa penyuntingan dan meringkas sehingga didapatkan data utama inti tulisan, penyajian data dituangkan dalam tabel deskriptif, penarikan kesimpulan dan melakukan verifikasi dan tinjauan ulang data yang didapat agar penarikan simpulan dilakukan dengan benar. Hasil penelitian studi literatur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit didapatkan hasil rata-rata kepuasaan tertinggi adalah di RSUP Prof Dr. R. D. Kandou Manado dengan persentase 80,96% dengan kriteria sangat puas, selanjutnya tingkat kepuasan di Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Kota Cirebon dengan persentase 68,66% dengan kriteria puas dan tingkat kepuasan terendah adalah di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon dengan persentase 66,12% dengan kriteria puas. Dalam 5 dimensi yang digunakan, hasil rata-rata tingkat kepuasan tertinggi adalah pada Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon pada dimensi realibility dengan persentase 91,8% dengan kriteria sangat puas dan rata-rata tingkat kepuasan terendah adalah di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon pada dimensi empathy dengan persentase 53,1% dengan kriteria puas. |
|
dc.publisher |
Farmasi (D3) |
|
dc.subject |
kepuasan pasien, rumah sakit, pelayanan kefarmasian. |
|
dc.title |
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT |
|
dc.type |
Thesis D3 |
|
Files in this item
Publikasi ini ada di koleksi berikut
Perlihatkan publikasi sederhana