Abstract:
|
Pemasaran di Apotek merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan bisnis yang dirancang untuk menentukan rancangan produk, harga, promosi, distribusi produk, sumber daya, dan konsep penjualan, terutama di Apotek. Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi/kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya dengan cara merancang strategi. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah strategi pemasaran terpadu atau strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan elemen strategis dari bauran pemasaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran di apotek tersebut. Jenis penelitian menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angka yang diolah menjadi informasi deskriptif. Objek penelitian menggunakan respon konsumen dan menggunakan variabel kepuasan konsumen dan bauran pemasaran 7P. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Teknik analisis data pada angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument berupa validitas dan realibilitas menggunakan statistik, uji kepuasan menggunakan Microsoft excel, uji asumsi klasik berupa uji normalitas, multikorelasi, heteroskedastisitas menggunakan statistik dan uji hipotesis berupa koefisien determinasi, koefisien regresi simultan dan parsial menggunakan Statistik. |