Abstract:
|
Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh setiap petugas dalam memberikan pelayanan, dengan kata lain pelayanan yang dapat memuaskan adalah pelayanan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan dapat memahami apa yang diminta masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Penilitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Objek dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan, meringkas dan menarik kesimpulan dari data yang dilakukan secara benar. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif, dengan membuat gambaran dari data yang telah didapat dari beberapa jurnal yang akan diteliti dan data-data yang terkumpul. Berdasarkan literatur didapatkan hasil yaitu pada Puskesmas Pekauman Banjarmasin rata-rata pasien puas yaitu sebesar 68,03%. Pada Puskesmas Sempaja Samarinda pasien puas yaitu sebesar 81,75%,. Berdasarkan hasil studi literatur perbandingan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di kedua Puskesmas, didapatkan hasil dari setiap data yang dicantumkan dari setiap unsur dimensi yang ada di kedua Puskesmas tersebut, rata-rata pasien puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan. Kata Kunci : kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, Puskesmas |