Abstract:
|
Studi literatur ini bertujuan untuk membandingkan kepuasan pasien yang berada di Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit. Pelayanan kefarmasian dituntut memberikan pelayanan yang bermutu di bidang kesehatan. Pelayanan yang bermutu dapat dilihat salah satunya dengan melihat dari tingkat kepuasan pasien terhadap apa yang telah diberikan oleh petugas melalui 5 faktor dimensi yaitu Kehandalan (reliability), Ketanggapan (Responsiveness), jaminan (Assuranse), Empati (Empathy), Bukti langsung/berwujud (Tangible). Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literatur dengan mengumpulkan beberapa jurnal yang mendukung dituangkan dalam tabel persentase. Hasil penelitian studi literatur persentase tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Langit Golden Medika Sarolangun untuk 5 dimensi yaitu dimensi Kehandalan (Reliability) : 78,43%, Ketanggapan (Responsiveness) : 80,13%, Jaminan (Assurance) : 79,24%, Empati (Empathy) : 80,76%, Bukti langsung/berwujud (Tangible) : 79,22%. Nilai rata-rata yang diperolah pada tingkat kepuasan ini 79,55% dengan kategori puas dan tingat kepuasan pasien di RSUD Mayjend H,M Ryacudu Lampung Utara yaitu pada dimensi Kehandalan (Reliability) : 98,57%, Ketanggapan (Responsiveness) : 98,23%, Jaminan (Assurance) : 98,23%, Empati (Empathy) : 97,83%, Bukti langsung/berwujud (Tangible) : 96,94%. Nilai rata-rata yang diperolah pada tingkat kepuasan ini 97,95% dengan kategori sangat puas Kata Kunci: Pelayanan Kefarmasian, Instalasi Farmasi Rawat Jalan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit. |